Selasa

0 Manfaatnya Latih Anak Berenang Sejak Balita

Olahraga merupakan kegiatan yang memberi banyak manfaat bagi siapapun yang melakukannya. Begitu pula jika olahraga dilakukan oleh bayi atau balita. Menggerakkan badan dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang dan otot serta meningkatkan kemampuan motorik anak yang tengah dalam proses perkembangan.

Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga yang dapat dilakukan oleh balita. Ada banyak manfaat berenang yang dapat diperoleh balita selain memberi kegiatan fisik yang menyenangkan. Penggunaan ban renang bayi dengan ukuran yang tepat dapat menjadi pilihan untuk menjaga keamanan dan memudahkan bayi atau balita belajar berenang dengan aman.

Belajar berenang sedini mungkin ternyata memberi manfaat besar bagi perkembangan fisik serta koordinasi gerakan anak. Berenang di kolam renang umum juga memberi kesempatan bagi anak balita untuk berinteraksi dengan orang lain di lingkungan sosial yang baru. Kondisi tersebut membuat kegiatan berenang dapat menjadi kegiatan yang mengasah keterampilan dan kemampuan anak bergaul di lingkungan sosial yang baru dikenal.

Ruang gerak untuk bermain yang luas juga memberi tempat melakukan eksplorasi bagi anak. Penggunaan ban renang bayi sebaiknya dilakukan oleh orangtua yang mendampingi demi keamanan anak balita ketika beraktivitas di kolam renang. Penggunaan ban renang bayi dapat menjadi solusi sederhana untuk membantu anak balita dalam belajar berenang.

Belajar berenang sedini mungkin memberi peluang bagi anak untuk dapat berenang lebih dini. Ada banyak manfaat kesehatan dari olahraga berenang secara teratur yang dilakukan oleh anak–anak maupun orang dewasa seperti memacu perkembangan motorik, perkembangan tulang dan otot hingga melatih pernafasan dan juga kardio atau sistem peredaran darah.

Detak jantung yang lebih cepat selama berenang dapat melancarkan distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sedangkan latihan pernapasan yang diperoleh dari kegiatan berenang dapat memperkuat kemampuan paru–paru anak.

Berenang dan melakukan olahraga lain secara teratur juga dapat menghindarkan anak balita dari obesitas. Obesitas dapat membuat perkembangan anak menjadi lambat karena kurang lincah dan malas beraktivitas. Latihan berenang mulai dapat dilakukan ketika bayi atau anak telah mampu mengontrol gerakan dan posisi kepala. Bayi yang sudah dapat duduk di usia sekitar 4 bulan boleh mulai diajak untuk belajar berenang.

Selain menggunakan perangkat keselamatan seperti ban renang bayi dan berada di bawah pengawasan langsung orang tua, ada baiknya Moms n Dads memastikan bayi dalam keadaan sehat dan tidak memiliki kelainan bawaan sebelum mulai mengajaknya belajar berenang. Pilih waktu yang tepat untuk belajar berenang, yaitu ketika air kolam renang tidak terlalu dingin dan juga Matahari tidak terlalu terik seperti antara pukul 08.00 hingga 09.00 pada pagi hari atau pukul 15.00 hingga 17.00 di sore hari.

Pilih waktu dan juga kondisi saat bayi atau anak balita tengah bersemangat. Hindari belajar berenang di saat anak merasa lapar, terlalu kenyang ataupun mengantuk.

Ada manfaat lain dari latihan berenang yang juga bisa diperoleh anak dan orangtua seperti meningkatkan kedekatan hubungan antara orangtua dengan anak karena sering melakukan kegiatan menyenangkan bersama–sama. Efek positif lain yang biasanya akan dirasakan oleh orangtua setelah secara teratur mengajak anak berenang adalah nafsu makan yang meningkat serta kualitas tidur yang meningkat.


Fisik yang lelah dapat membuat anak tidur lebih pulas, sehingga bermanfaat bagi perkembangan otak dan fisik anak. Usahakan untuk menggunakan ban renang bayi untuk memberikan keamanan dan juga kenyamanan anak ketika belajar berenang.

Sumber: http://toyskingdom.co.id/blog/manfaa...g-bagi-balita/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerita Si Kecil Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates